Jelang Pilkada 2024, KPU Mitra Gelar Media Gethering Bersama Insan Pers

MINSEL-MITRA173 Dilihat

Manado, emmctv.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan media Gathering dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah  (Pilkada) serentak tahun 2024, yang dihadiri sejumlah wartawan.

Kegiatan yang digelar di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, pada 19 – 20 Juni 2024, dibuka langsung oleh Ketua KPU Mitra Otnie Tamod, yang didampingi Komisioner Ryan Sandag, Lucky Mamahit, Sastro Mokoagow dan Sekretaris KPU Fajri Monoarfa, serta menghadirkan narasumber.

Dalam sambutannya Otnie menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya KPU Mitra dalam membangun komunikasi serta sinergitas antara komisioner KPU dengan insan pers.

Menurutnya, Insa pers adalah unjuk tombak dalam menyukses Pilkada 2024 ini, karena peran pers sangat penting dalam menyampaikan informasi berkaitan dengan seluruh proses dan tahapan pemilu yang akan datang.

“Kinerja pers selama ini sangat luar biasa, terlebih dalam penyampaian tahapan demi tahapan serta kerja-kerja yang dilakukan KPU saat ini terkait tahapan Pilkada 2024. Kiranya lewat pers masyarakat lebih memahami akan penting partisipasi warga dalam memilih pemimpin kedepan,” kata Tamod.

Selain itu, Dosen Ferry Daud Liando, (narsum) mengatakan, Sinergitas Media wujudkan Pilkada yang berkualitas, karena Wartawan merupakan kunci jalannya Pilkada lebih baik lagi kedepan.

Dikatakan Liando, tentu peran media dalam suksesyan Pilkada ada dasarnya dilihat dari peran dan fungsi media dalam Pilkada yang berkualitas.

“Media sangat bernilai karena peran pentingnya yakni, sebagai jendela informasi serta jembatan dalam penyampaian informasi sampai kepada masyarakat, mengontrol jalannya pilkada sehingga tidak ada pihak-pihak yang keluar dari koridor yang ada, memediasi permasalahan dengan tidak memprovokasi keadaan, mengedukasi terhadap presepsi masyarakat terhadap politik,” kata Liandro.

Sementara, Dr Felly Ferol Warouw, Dosen Universitas Negeri Manado (narsum) menambahkan, peran lain dari pers yaitu mendorong Pilkada kali ini jangan sampai merusak lingkungan, karena sisa-sisa alat peraga kampanye jika dibiarkan akan merusak lingkungan dengan sampah dimana-mana.

“Ini mejadi hal penting dimana peran pers sangat diharapkan, dan dari kementrian lingkungan hidup ini sudah menjadi sampah spesifik yang berbahaya, dan menjadi tugas kita bersama untuk mencegah itu terjadi,” ungkapnya.

Menurutnya, keinginan kita bersama Pilkada ini bisa berjalan sukses, dalam arti terpilihnya pemimpin sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

“Disinilah peran pers menjadi penting karena lewat pemberitaan masyarakat lebih memahami, mari kita sama-sama dorong Pilkada ini berlangsung secara umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta sehat dan rama lingkungan,” tukas Felly Warouw.

(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *