Kasus TPG Bolmong: Kekecewaan Guru Muncul, Tudingan Korupsi Terus Bergulir

BOLMONG1306 Dilihat

EMMCTV.Com.>>|| PEMKAB BOLMONG.Jumat(22/3/24)– Para guru di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, terus merasakan keprihatinan mendalam atas ketidakpastian penerimaan Tunjangan Profesi Guru (TPG) mereka. Proses pengelolaan keuangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bolmong disorot oleh media setelah muncul dugaan penggelapan yang berpotensi korupsi.

Meskipun pemerintah pusat telah mengalokasikan tambahan 50 persen pada gaji ke-13 bagi para guru pada tahun 2023, namun realisasi TPG tersebut masih menjadi tanda tanya besar bagi sejumlah guru di Bolmong.

Keluhan para guru terdengar di mana-mana, menyoroti kekhawatiran akan potensi korupsi dalam penyaluran dana tersebut.

Padahal belum lama ini Menteri Keuangan Republik Indonesia (RI), Sri Mulyani menyebut bahwa alokasi TPG telah disiapkan, namun belum tersalurkan dengan jelas di wilayah Pemkab Bolmong. “Semestinya anggaran yang sudah disiapkan sudah harus diselesaikan, namun sayangnya hingga saat ini anggaran tersebut belum juga terealisasi,” ujar salah satu guru yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Situasi rumit ini membuat kekecewaan yang mendalam bagi para guru di Bolmong, merasa tidak mendapat kepastian akan hak mereka atas TPG. Dugaan indikasi penghindaran pertanyaan dan alih-alih dana TPG telah disilpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) menjadi sorotan utama dalam investigasi ini.

Kepala Bidang di Badan Anggaran Kepegawaian Daerah Bolmong, Ibu Rila Mamoto SE,Saat dikonfirmasikan melalui telepon celuler dinomor ” 085240443XXX Untuk Dimintai tanggapan, Tidak merespon,awak media Hanya menerima Nada Sambung”Nomor yang anda tuju Sedang tidur,cobalah untuk beberapa saat disiram dengan Air agar terbangun.
“Diduga”Rila Mamonto, terlibat dalam pengalihan dana tersebut. Meskipun telah dilakukan upaya konfirmasi, namun dirinya belum memberikan klarifikasi lebih lanjut terkait hal ini.

Awak media akan terus berupaya untuk menggali informasi lebih lanjut guna memberikan penjelasan yang jelas dan akurat terkait dugaan aroma korupsi dalam penyaluran Tunjangan Profesi Guru di Pemkab Bolmong.

(OPO.L)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *