Pemdes Buku Gelar Musdes Pembahasan Rancangan APBDes Tahun Anggaran 2024

MINSEL-MITRA261 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Pemererintah Desa Buku, kecamatan Belang, memasuki awal tahun 2024, mengelar Musyawarah Desa (Musdes) pembahasan Rancangan APBDes tahun 2024, bertempat digedung pertemuan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh
Ketua BPD dan dilanjutkan dengan penyampaian Evaluasi Rancangan APBDes Tahun 2024 oleh Tim Evaluasi. Terkait dengan belanja desa yang mengalami penambahan dan pengurangan anggaran. Pada Kesempatan ini turut hadir, BPD, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan warga desa setempat.

Hukum Tua Seska Robot dikesempatan itu menyampaikan, APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) merupakan peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun.

“Jadi APBDes terdiri dari Pendapatan Desa, Belanja Desa dan Pembiayaan Desa. Rancangan APBDes dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. APBDes Tahun Anggaran 2024 ini disusun sesuai dengan prioritas kegiatan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Desa serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya.

Seska melanjutkan, Perlu diketahui bersama bahwa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.

“Oleh karena itu musyawara ini perlu dilakukan agar kedepan setiap agenda yang kita kerjakan sudah sesuai dengan apa yang menjadi pembahasan kita ditempat ini,” ujar Seska Robot.

(Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *