James Sumendap : Warisan Kebudayaan Leluhur Perlu Dilestarikan

MINSEL-MITRA346 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Aneka ragam budaya nusantara yang kini mulai terkikis kebudayaan asing membuat kekuatiran sejumlah pihak yang perduli, menyikapai hal itu James Sumendap mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memajukan dan melestarikan kearifan budaya lokal.

Menurut James Sumendap calon anggota DPR RI daerah pemilihan Sulut dari PDI perjuangan nomor urut 3, Kebudayaan nusantara yang  beragam dan sangat kaya kearifan lokal menjadi kepribadian bangsa dan modal untuk meraih kemajuan, kini dengan seiring berkembangnya moderenisasi dan era digitalisasi, kearifan lokal kini makin terkikis.

“Budaya dan adat adalah warisan leluhur nenek moyang yang perlu dilestarikan. Ini menjadi tantangan terbesar bagi kita di Tengah arus modernisasi,” kata Bupati Minahasa Tenggara dua periode tersebut yakni 2013-2018 dan 2018-2023.

Kepedulian atas pelestarian adat dan budaya ini antara lain dilakukan Sumendap dengan menggagas pelaksanaan Festival Bentenan Lakban saat kepemimimpinannya sebagai Bupati Mitra. Berbagai tampilan adat dan budaya disuguhkan dalam kegiatan ini.

“Budaya Minahasa perlu kita jaga dan terus kita lestarikan, karena mulai terkikis dengan budaya asing. Saya ingin memberikan hal yang sangat berharga bagi para generasi muda bagaimana menjaga, merawat, dan melestarikan tradisi dan budaya lokal,” sebut mantan anggota DPRD Sulut dua periode ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *