Ellen Cumentas, Lantik Bunda Leterasi Kecamatan se-Kabupaten Minahaa Tenggara

MINSEL-MITRA378 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional, Bunda Leterasi Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Ellen D Cumentas, ST, Sp1 melantik Bunda Leterasi Kecamatan se-kabupaten Mitra, bertempat di Aula Kantor Bupati, Jumat (22/12/2023).

Pejabat Bupati Kabupaten Mitra, Ir Ronald Sorongan dalam sambutannya mengatakan, satu hal yang perlu kita syukuri hari ini pelantikan bunda leterasi bisa terlaksanakan.

Dari keseluruhan rangkaian kegiatan bunda leterasi ini tentu saja sebagai pemerintah kabupaten kami sangat mendukung dan akan menopang seluruh program bunda leterasi.

“Oleh sebab itu kami berharap kepada ibu-ibu leterasi yang sudah dilantik saat ini untuk untuk segera bergerak di wilayah kecamatan masing-masing,”ucapnya.

Menurutnya, satu hal yang penting bagi bunda literasi saat ini untuk dapat memahami tugas dan tangung jawab sehingga dapat dijabarkan sampai ketingkat bawah lebih kusus didesa masing-masing.

“Agar dapat menumbuhkan minat baca bagi masyarakat Mitra, maka itu dimulai dari anak kecil yakni anak paud, SD SMP dan seterusnya, agar dalam masa tumbuh kembang mereka boleh menambah wawasan dan pengetahuan lewat baca,” ujarnya.

Bupati Sorongan juga menghimbau agar setiap Camat yang ada di Kabupaten Mitra agar dapat mendukung program Bunda Leterasi untuk kedepannya.

“Para Camat diharapkan dapat menopang program bunda leterasi dengan bersinergi dengan para hukum tua, tolong dibuatkan pondok baca disetiap desa sekaligus tempat bermain anak. sehingga anak – anak bisa tumbu minat membaca dengan bacaan yang menarik dan sesuai dengan selerah anak-anak,” kata Sorongan.

Selain itu, Bunda Leterasi Kabupaten Mitra Ellen D Cumentas meminta agar bunda leterasi kecamatan dapat menyentu sampai ketingkat bawah dan kreatif.

“Mereka yang dilantik tidak hanya sebagai bunda leterasi tetapi aplikasi dilapangan seperti apa, tentunya dengan lebih kaya akan ide-ide dalam menigkatkan minat baca bagi anak – anak sampai mereka tumbuh dewasa dan sukses dalam berkarir,” terangnya.

Bunda leterasi kiranya aktif melaksanakan program-program yang menunjang akan budaya baca di desa-desa. Pelantikan Bunda Literasi juga diharapkan mampu mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.

“Bunda literasi harus bijak dengan peningkatan perpustakaan, selain itu untuk menarik minat baca banyak cara bisa ditempu seperti sekolah sungai, sekolah pantai dan banyak lagi yang bisa digunakan sebagai tempat membaca,”tukas Bunda Ellen Cumentas.

(Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *