Penandatanganan NPHD, Bupati Minahasa Tenggara bersama KPU dan Bawaslu

MINSEL-MITRA501 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Penjabat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ronald Sorongan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mitra, bertempat di Kantor Badan Keuangan Daerah Pemkab Mitra, pada Rabu 29 November 2023, melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dikesempatan itu, Pj Bupati Ronald Sorongan katakan, Dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), disebutkan bahwa Pemilihan Bupati/Wakil Bupati diharuskan ada tahapan penandatanganan NPHD.

Dijelaskan Sorongan, penandatanganan NPHD merupakan bukti dukungan Pemkab Mitra terhadap pelaksanaan Pilkada 2024 nanti, keberhasilan pelaksanaan Pilkada bukan hanya kewajiban KPU dan Bawaslu saja, tapi juga pemerintah daerah, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri, instasi terkait dan seluruh lapisan masyarakat.

“Pelaksanaan Pilkada merupakan hal yang kompleks, sama seperti pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu), karena banyak hal yang sedini mungkin harus dipersiapkan. Hal itu dimaksudkan agar terciptanya iklim demokratis yang kondusif di tengah masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” ujar Sorongan

Sementara itu kesepakatan yang tertuang dalam berita acara kesepakatan antara KPU, Bawaslu dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Mitra .

Dikatakan Sorongan, untuk menindaklanjuti regulasi dan peraturan yang ditetapkan pemerintah, yaitu antara lain 40 % dari total dana hibah dianggarkan pada 2023, dan 60 % dianggarkan pada 2024.

“Berdasarkan dari rapat pembahasan dan verifikasi yang dilakukan antara KPU, Bawaslu, TAPD, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mitra, ditetapkan hibah untuk Bawaslu sebesar 11 miliar rupiah, dan untuk KPU dengan besaran lebih kurang 32 Miliar Rupiah. Oleh karenanya Pemkab Mitra sangat berharap hibah pelaksanaan Pilkada tahun 2024 ini dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Mitra,” kata Ronald Sorongan.

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos, Kepala Inspektorat Mitra Marie Makalow, Asisten III Ir Elly Sangian, Kasubagbin Kajari Minsel/Mitra Viktor Solow mewakili Kajari Minsel, Ketua Bawaslu Mitra Jobie Longkutoy,Ketua KPU Mitra Otnie Tamod, Sekretaris KPU Mitra Fajri Manoarfa, Kepala Badan Kesbangpol Mitra Agustina Tangian, Kepala BPKBD Mitra Mecky Tumimomor, Korwil BIN Edo Mangare.

(**/Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *