Hadiri Milad Muhammadiyah ke-111, Bupati Ronald Sorongan Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Jangan Terprovokas

MINSEL-MITRA429 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Pejabat Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Ronald Sorongan, menghadiri Milad Muhammadiyah ke-111, yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Minahasa Tenggara, yang digelar di Kecamatan Belang, Kamis (30/11/2023).

Dikesempatan itu, Bupati Ronald Sorongan menyampaikan, sejak dirinya dilantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey untuk menjabat Bupati di Kabupaten Mitra pada 25 September 2023, Ia sangat bersyukur bisa hadir bertatap muka dengan warga masyarakat Mitra di Kecamatan Belang, pada kegiatan Milad Muhammadiyah yang ke-111.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Mitra bersama jajaran mengucapkan banyak selamat dan selamat Milad Muhammadiya yang ke-111, yang boleh ada hingga saat ini bahkan telah berikhtiar untuk membangun negara kesatuan RI,” ucapnya.

Dikatakan Bupati Sorongan, sesuai dengan Tema Milad kali ini “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta, untuk itu diharapkan bagi warga perserikatan Muhammadiyah dan juga seluruh warga masyarakat di Mitra, mari kita bersama-sama ikut berikhtiar menyelamatkan alam semesta ini.

“Dengan kita bersama-sama berikhtiar meyelamatkan alam semesta ini, maka kerukunan, kedamaian yang ada di Kabupaten Mitra ini bisa terjalin sampai selama lamanya,” kata Sorongan.

Bupati Sorongan mengungkapkan, kehadirannya di Kabupaten Mitra untuk melanjutkan kepemimpinan Bupati James Sumendap yang mengakhiri masa jabatan, oleh karenanya Ia berharap dukungan mantan Bupati dan seluruh masyarakat untuk membangun Mitra kedepan.

“Tentu saya tidak bisa membangun Kabupaten Mitra tanpa dukungan teman-teman jajaran Pemkab Mitra, serta seluruh lapisan masyarakat yang didalamnya warga perserikatan Muhammadiyah, agar kedepan Mitra bisa lebih maju dan Sulut lebih hebat kedepan,” ungkap Sorongan.

Diakhir sambutannya, Sorongan berpesan kepada seluruh warga masyarakat Mitra untuk terus berkarya jaga persatuan dan kesatuan serta terus jalin kebersama antar sesama.

“Saya berpesan kepada seluruh warga masyarakat untuk jaga persatuan dan jangan terprovokasi oleh apa pun, karena kita samua bersudara dan kita samua cibtaan Tuhan. Dalam menghadapi persoalan kita harus memakai akal sehat dan jangan memakai hawa nafsu,” ujar Bupati Ronald Sorongan.

Sementara itu, Mantan Bupati Kabupaten Mitra 2 periode ‘James Sumendap dikesempatan itu mengatakan, terima kasih kepada Pimpinan Muhammadiyah Mitra yang sudah memberikan kesempatan untuk hadir dalam kegiatan Milad Muhammadiya ke-111 ini.

“Kehadiran saya keacara Milad Muhammadiyah ini untuk yang ke-11 kalinya, dan saya berayukur dengan angka 11 di kegiatan Milad yang ke-111, karena angka 111 jika itu digabungkan menjadi angka 3,” ucap Sumendap, yang saat ini maju sebagai Caleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan.

Menurutnya, terkait keberagaman agama di Kabupaten Mitra, tidak perlu diragukan dan tidak ada permasalahan lagi, karena masyarakat diMitra sudah saling terikat dalam sebuh pernikahan.

“Masyarakat di Mitra semua so bersaudara sudah tidak ada perbedaan antara agama satu dengan yang lain dan hal itu yang menjadi perekat, kerukunan antar umat beragama di Mitra sudah tidak perlu diragukan lagi, hidup berdampingan semua saling menghargai dan menjunjung tingi kerukunan antar umat beragama,” kata Sumendap yang juga sebagai Panglima Panji Josua.

Selain itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammmadiya Kabupaten Mitra ‘Ayahanda Kisman Hala, menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati serta para undangan yang sudah hadir pada kegiatan Milad Muhammadiyah ke-111.

“Saya sebagai Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Mitra sangat bersyukur kepada Allah Swt karena atas ijinNya kegiatan Milad ke-111 kali ini bisa berjalan lancar dan sukses serta dihadiri Bupati Mitra Ronald Sorongan, Mantan Bupati James Sumendap, Pimpinan Muhammadiyah Provinsi Sulut, Anggota Dewan, jajaran pejabat Pemkab Mitra, TNI/Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta para undangan terhormat lainnya,” terangnya.

Tak lupa Kisman Hala, memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga perserikatan yang serta semua pihak yang sudah terlibat untuk pelaksanaan kegiatan milad.

“Saya juga berterima kasih serta memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada teman-teman perserikatan Muhammadiyah, serta semua pihak yang sudah terlibat langsung dalam pelasanaan sehingga pelaksanaan Milad kali ini bisa berjalan dengan sukses,” katanya.

Dijelaskan Ayahanda Kisman, Muhammadiyah memiliki organisasi otonom yang disebut Ortom, antara lain yaitu ; Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah,
Nasyiyatul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci, Putra Muhammadiyah, Hizbul Wathan dan Komando Kesiap Siagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM).

“Sebagaimana daerah-daerah yang lain, kami muhammadiyah di Mitra juga berupaya mengembangkan amal usaha yang ada, juga ada beberapa aset yang tersebar di wilayah Mitra, tapi sayangnya ada diluar sana ada sekelompok orang yang mengklaim sebagai milik mereka tanpa didukung dengan dokumen yang jelas. Oleh karena itu kepada Pak Bupati, Pemkab Mitra dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, agar persoalan ini dapat diselesaikan,” tukas Ayahanda Kisman Hala.

(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *