Jelang Musim Penghujan, Pemdes Belang Ajak Masyarakat tetap Jaga Kebersihan

MINSEL-MITRA418 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Jelang musim penghujan Pemerintah Desa Belang menghimbau masyarakat untuk waspada serta rajin melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan juga selokan dan parit harus bersih bebas dari sampah supaya tidak menganggu aliran air hujan.

Hukum Tua Jamil Henur mengatakan, musim penghujan biasanya diikuti dengan banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan beberapa permasalahan lainnya termasuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Oleh karena itu masyarakat di minta waspada serta mengajak masyarakat untuk melakukan giat kerja bakti, membersihkan lingkungan sekitar,” ucapnya.

Menurut Henur, giat kerja bakti harus diawali dalam rumah tangga sendiri, dengan membuang sampah rumah pada tempatnya, kemudian bersama sama laksanakan bakti dengan membersihkan selokan, parit, dan sungai yang ditumbuhi tanaman liar selama kemarau.

“Hal ini perlu dilakukan, karena desa belang membentang sungai wowesen, sengga banyak orang yang kurang akan kesadaran dan membuang sampah dialiran sungat, jika hujan turun dengan lebat maka air sungai bisa meluap yang mengakibatkan air menggenangi rumah warga,” ujarnya.

Dikatakan Henur, lingkungan yang bersih bisa melindungi masyarakat dari berbagai jenis penyakit selama musim penghujan. Misalnya gatal-gatal, diare, DBD dan lain-lain. sebab itu pihaknya menghimbau, agar masyarakat giat bergotong royong membersihkan lingkungan.

“Sebelum musim penghujan, sampai hujan tiba, kami berharap masyarakat sudah harus membersihkan lingkungan. Jangan sampai nanti ketika hujan sudah turun malah terjadi masalah dengan sampah yang berhamburan dimana mana, jaga dan lindungi keluarga tetap sehat dengan lingkuangan yang bersih,” tukas Jamil Henur.

(Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *