Terima Kunjungan Sekjen D-8, Wamendag Jerry Sambuaga Dorong Peningkatan Kerja Sama 8 Negara Berkembang

EKBIS, MANADO, POLITIK779 Dilihat

Jakarta, emmctv-Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga menerima kunjungan Sekretaris Jenderal D-8, Isiaka Abdul Qadir Imam  di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (21/11/2023). Dilansir dari Kemendag.go.id, kunjungan Isiaka ini dalam rangka membicarakan peningkatan perdagangan sesama negara anggota D8.

“Selamat datang di Indonesia Pak Isiaka. Kunjungan ini sebagai momentum peningkatan kerja sama dan mendorong implementasi D-8 PTA,” ujar pejabat milenial dengan rekam jejak gemilang ini saat menyambut Isiaka.

Wamendag yang juga Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI ini berharap D-8 tetap memegang komitmen awal  bahwa 31 Oktober 2022 sebagai tanggal dimulainya implementasi D-8 PTA. “Ini  sebagaimana disepakati pada The 3rd Customs Official Meeting atau 3rd COM),” ucap pria yang  kembali diusung Golkar sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Sulut pada pemilihan legislatif (Pileg) 2023 ini.

Merujuk data Kemendag, toal perdagangan Indonesia dengan negara-negara anggota D-8 mencapai USD 45,6 miliar. Ekspor Indonesia sebesar USD 27,7 miliar, impor USD 17, 9 miliar, dan Indonesia surplus USD 9,9 miliar.

Diketahui D-8 merupakan organisasi kerja sama ekonomi 8 negara berkembang yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan berkeinginan mempererat kerja sama dalam pembangunan. Delapan anggotanya mencakup Bangladesh, Mesir, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan, dan Turki. (*/ges)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *