Bangun Keluarga Baru Yang Berkualitas, KUA Kecamatan Belang Gelar Bimbingan Perkawinan

MINSEL-MITRA519 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Dalam rangka membentuk ketahanan keluarga agar mampu menghadapi perubahan, masalah dan tantangan dalam mencapai keluarga yang kesejahtera, melaksanakan ‘Bimbingan Perkawinan” bertempat di Balai Nikah Kecamatan Belang, Kamis (19/10/2024).

Drs. Hi. M. Rusdi Musanif (Koordinator Kepenghuluan, Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara) didampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mitra, Hi. Thoib Mokobombang, S.Ag MH, dan Kasie Pendidikan dan Bimas Islam Mitra, Hj. Deyske R Sangia, SH, Kepala KUA Belang ‘Hajiar Mansur Sati, S.Ag,.  dikesempatan itu menyampaikan bahwa, Melonjaknya angka perceraian belakangan ini menunjukkan kegagalan penyelesaian perselisihan rumah tangga, oleh karenanya perlu saling mengenal lebih jauh antara istri dan suami sebelum melangka ke pelaminan.

“Belajar dari sebelum-sebelumnya, terjadi penceraian hanya karena kesalapahaman, bahkan ada hanya karena persoalan kecil dan tidak adanya saling mengalah antar satu dengan yang lainnya sehingga penceraian pun terjadi,” kata Rusdi Musanif.

Dikatan Musanif, kegiatan ini sangat penting, dalam rangka penguatan keluarga yang dipersiapkan sejak dini dengan melakukan pembinaan bagi calon pengantin (Catin).

“Tujuan ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan dalam kehidupan berumah tangga, sehingga keluarga menjadi kokoh dan kuat dalam mewujudkan keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warahmah,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan bimbingan ini dilakukan dengan penuh muatan- muatan serta simulasi, yang bertujuan untuk saling mengenal, membuka diri satu dengan yang lain,

” Insya Allah lewat kegiatan bimbingan perkawinan setiap pasangan catin mempunyai ketahanan dan dapat memberikan dampak ditengah masyarakat yang lebih baik lagi,” tukas Rusdi Musanif.

(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *