Pelatihan Pembuatan Database Kependudukan di Desa Sea, FMIPA Unsrat Turunkan Tim PKM

MINAHASA717 Dilihat

Minahasa, emmctv-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melakukan melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan database kependudukan di Desa Dua dan Desa Sea Mitra, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut). Kegiatan yang dipandu tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) FMIPA Unsrat tersebut diikuti puluhan aparatur dari dua desa tersebut.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak Juni 2023. Untuk Desa Dua dan Desa Sea Mitra baru direalisasikan pada 9 Oktober 2023 lalu. Kami gembira aparat pemerintah desa antusias mengikuti pelatihan,” kata Ketua Tim PKM FMIPA Unsrat, Handy Moses , S.Si, M kepada wartawan.  Selasa (17/10/2023) sore.

Pelatihan ini menurut Handy untuk membantu mensukseskan program digitalisasi desa dan membantu administrasi desa secara digital serta  promosi melalui halaman web. “PKM ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi web yang telah dibuat FMIPA dengan laman yang bisa dikunjungi di seadua.desaterpadu.my.id dan seamitra.desaterpadu.my.id. Laman tersebut memuat website resmi desa yang mampu mengelola administrasi desa hingga data kependudukan,” ungkap Handy.

Sementara Hukum Tua (Kepala Desa) Desa Sea Dua, Marthen M Pondolos merespon positif pelatihan tersebut. Ia menilai kegiatan yang digagas FMIPA Unsrat itu sangat baik untuk pengembangan desa. Dengan pelatihan tersebut, Desa Sea Dua sudah siap menuju desa yang terbuka terhadap digitalisasi desa dan menyukseskan program pemerintah.

“Program ini diharapkan dapat terus berlanjut melalui pelatihan-pelatihan modul lainnya agar perangkat desa dapat mahir dalam melakukan administrasi desa menggunakan teknologi digitalisasi. Kegiatan ini mendukung program pemerintah dalam memajukkan dan melajukan perkembangan Desa Sea Dua maupun Dea Sea Mitra dalam hal digitalisasi dan percepatan pengembangan desa digital,” katanya.

Harapan yang sama disampaikan Hukum Tua Desa Sea Mitra, Arthur Maindika.  “Program kemitraan ini kiranya terus berlanjut sehingga sistem yang dibangun dapat membantu memangkas jalur birokrasi dengan memanfaatkan digitalisasi desa sehingga birokrasi desa menjadi efektif dan efisien. Para perangkat desa juga berharap agar program ini membantu untuk mempromosikan potensi desa dan BUMDes,” ucap Arthur.

Di pelatihan pembuatan database tersebut di dua tersebut, Tim PKM FMIPA Unsrata menurunkan Mans L. Mananohas, S.Si., M.Si, Chriestie E. J. C. Montolalu, S.Si. M.Sc,  Mahardika I. Takaendengan, SST., M.Si., Siska Ayu Widiyana, M.Kom, Dodisutarma Lapihu, S.SI, M.Kom, Wisard W. Kalengkongan, M.Kom, dan beberapa mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi. (*/nji)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *