DP2KB Kabupaten Mitra Gelar Penyuluhan KB dan Sosialisasi Stunting

MINSEL-MITRA536 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar Penyuluhan Program Keluarga Berencana Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Umum Desa Molompar, Kecamatan Belang, Rabu (11/10/2023), dibuka secara langsung oleh Camat Belang Munira Bin Ali, yang dihadiri, tenaga kesehatan Puskesmas Belang dan Molompar, Kader KB dan Sub PpKBD, serta seluruh Hukum Tua se-Kecamatan Belang.

Selain penyuluhan KB, DP2KB Kabupaten Mitra juga melaksanakan Sosialisasi “Si Pelita Satu” dalam Strategi Penanganan Terintregrasi Lintas Sektor dalam Penurunan Stunting.

Dikesempatan itu Narasumber dari BKKBN Sulawesi Utara (Sulut) Vonne C Sinengkeian, S.Tr.Keb,. dikesempatan itu menyampaikan, lewat kegiatan yang diadakan ini para Kader KB makin bertambah pengetahuannya yang kelak menjadi bekal untuk tugas mereka nantinya.

“Hal ini sangat perlu karena mereka nantinta yang akan mengayomi masyarakat terkait KB dan mereka jugalah yang menjadi tempat bagi masyarakat bertanya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, lewat kegiatan ini juga para kader juga diharapkan dapar memahami terkait materi yang disampaikan agar dapat diteruskan kepada masyarakat.

“Terkadang masyarakat banyak mendapat informasi yang tidak bernar terkait KB dari imformasi-informasi yang beredar, maka lewat materi-materi yang sudah dipaparkan dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,” ungkapnta.

Selain itu, Kepala Dinas P2KB Kabupaten Mitra, dr. Helny Sonya Ratuliu kepada awak media mengatakan, kegiatan penyuluhan KB dilaksanakan dengan harapan bagi yang hadir lebih kusus para kader dapat menambah pengetahuannya, terkait dengan program-program yang ada di Dinas P2KB.

“Kami berharap para kader semakin kaya akan pengetahuan, kususnya dalam rangka mendukung program Bangga Kencana yang didalamnya bagaimana kita mengetahui cara menggunakan alat kontrasepsi yang baik dan benar,” kata Ratuliu.

Dikatakan Ratuliu hal terpenting yabg saat ini sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Mitra yakni penurunan stunting.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Stunting merupakan program nasional dari Presiden, Provinsi serta Kabupaten, dikarenakan di Kecamatan Belang masih ada kasus stunting, maka ini menjadi perhatian serius,”ujarnya.

“Lewat kegiatan ini juga bagaimana ibu-ibu dapat memberikan makanan yang tepat untuk anak balita, serta bagaimana mempersiapkan pernikahan, kehamilan sampai pada sampai pada perawatan bayi dan balita, agar nantinya tidak termasuk dalam kategori stunting,” tukas Helny Ratuliu.

(Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *