Bupati Mitra Ronald Sorongan Hadiri Dies Natalis Fakuktas Perikanan dan Kelautan Unsrat

MINSEL-MITRA508 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ronalad Sorongan, menghadiri puncak perayaan Dies Natalis Fakultas Perikanan dan Kelautan UNSRAT, pada Kamis 5 Oktober 2023, sekaligus memberikan Orasi Ilmiah dihadapan civitas akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan bertempat di Auditorium UNSRAT.

Bupati Ronald Sorongan dikesempatan itu menyampaikan, salah satu tujuan dari pembangunan perikanan dan kelautan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat kususnya nelayan.

“Upaya yang sedang kami usahakan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) salah satunya untuk mengatasi permasalahan dan tantangan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, yakni meningkatkan inovasi teknologi dan manajemen profesional, meningkatkan pendayagunaan sumber kelautan yang berdaya saiang, ucapnya.

Selain itu, dirinya memberikan apresiasi kepada fakultas perikanan dan kelautan Unsrat yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Perguruan tinggi yang handal adalah yqng mampu menjadi konsultan masyarakat disegala bidang, secara makro akan mampu meningkatkan daya saibg bangsa,” ujarnya.

Dikatan Sorongan, dengan demikian tugas utama perguruan tinggi, sebagai institusi bertanggung jawab untuk mengajarkan kebenaran, menemukan kebenaran dan membangun dan membangun nilai- nilai baru.

“Perguruan tinggi akan mampu memposisikan dirinya sebagai teaching, learning dan sebagai research university serta perguruan tinggi harus memberikan ruang yang seluas luasnya terhadap sivitas akademika,” kata Sorongan.

Dirinya berharap FPIK dapat terus melahirkan SDM yang berdaya saing dan mampu berkontribusi dalam perwujudan tujuan pembangunan perikanan kelautan.

“Hal konkrit adalah bagaimana FPIK bisa melahirkan gagasan, ide dan penemuan baru dibidang ini seperti daya dukung lingkungan, pelestarian hingga pada peningkatan konsumsi ikan. Disisi lain juga bagaimana menjaga kesatuan maritim,” tukas Ronald Sorongan.

(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *