Bupati James Sumendap Pimpin Upacara HUT RI yang ke- 78 Tahun

MINSEL-MITRA635 Dilihat

Mitra, emmctv.com – HUT RI ke-78 adalah Moment terakhir Bupati James Sumendap SH MH, sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan 17 Agustus setelah 10 tahun memimpin Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Dengan berbusana pakaian adat tampil bersahaja dan membakar semangat jiwa nasionalisme para peserta upacara yang hadir di Lapangan Ompi Rarahan, Kamis (17/8/2023).

Bupati James Sumendap dikesempatan itu mengatakan, 78 tahun sudah indoneaia merdeka dan perjuangan dalam mempertahankan kemersekaan sangat luar biasa, jika itu dihitung hitung untuk menuju indonesia emas sudah didepan mata.

“Dikesempatan 17 Agustus ini kita memperingati dan mengenang para pahlawan yang telah memerdekakan kita, mengisi kemerdekaan dengan semangat merah putih, nasionalisme serta persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Lanjut Ia katakan, 10 tahun memimpin Mitra dan hari ini, hari terakhir sebagai Inspektur Upacara di HUT RI 17 Agustus.

“Bagi saya masa jabatan ada masa periodisasi, tidak ada penyesalan, yang ada hanyalah kebanggaan. Karena saya diberikan kesempatan oleh rakayat
selama 10 tahun memimpin Mitra, dan itu adalah berkat Tuhan terbesar bagi saya,”ujar Sumendap.

Lanjut Sumendap katakan, tinggal sebulan lagi jabatan akan berakhir dan akan digantikan pejabat Bupati yang baru, berkaitan dengan kedisiplinan ASN, pengelolaan administrasi dan pengelolaan keungan, diharapkan agar kualitas kinerja lebih ditingkatkan.

“Saya akan merasa sedih jika itu tidak terlaksana, karena saya membangun kabupaten Mitra dengan semangat persatuan, pembaharuan dan revormasi dengan tanamkan budaya rasa malu pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan agar kita terhindar dari bahaya korupsi,” tuturnya.

Menurutnya, meskipun orang tersebut memiliki mental yang tidak baik, namun dengan membangun sistem pemerintahan yang baik dan benar maka korupsi itu bisa hilang.

“Karena sudah terbukti dengan sistem yang dibangun di Kabupaten Minahasa tenggara terkait pengelolaan administrasi keungan dan pencegahan korupsi Minahasa Tenggara terdepan di Sulawesi Utara,” ungkap Sumendap.

Dikatakan Sumendap, betapa sulit membangun Minahasa Tenggara,
Ada pujian dan caci maki juga ada ketidak setujuan tetapi saya terus berjalan membangun Mitra.

“Saya berharap kedepan nanti Kabupaten Minahasa Tenggara bukan sekedar dipimpin oleh orang – orang yang menunjukan gaya kemunafikan. namun yang diperlukan pemimpin yang tegas, disiplin serta membangun integritas diri sendiri,” kata Sumendap.

James Sumendap mengatakan, HUT RI yang ke 78 tahun di 17 Agustus Indonesia merdeka kita semua merayakan, meskipun berbeda beda Suku dan Agama tetapi tetap satu Negara Kesatuan RI, beri ruang kepada saudara – saudara yang mau berkarya dan mau memberi diri demi kemajuan negri.

(Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *