Pemdes Buku Induk Gelar Musyawarah Desa Tahun Anggaran 2024

MINSEL-MITRA734 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Pemerintah Desa Buku Induk, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar Musyawara Desa (Musdes) penyusunan RKPDes, T.A 2022, bertempat di balai serba guna, Kantor Desa Buku, Kamis (27/7/2023).

Kegiatan Musdes dibuka Ketua BPD Yunarso Abraham, dan dihadiri langsung Ketua Komisi 1, DPRD Kabupaten Mitra, Artly Kountur S.sos, BPD, Hukum Tua Siska Robot, mewakili Camat Belang ‘Fransiska Tampumuri, Perangkat Desa, Tokoh masyarakat, pendamping desa, serta masyarakat.

Dikesempatan itu, Artly Kountur menyampaikan, RKPDes itu terkait dengan nomenklatur terkait poin apa saja yang akan disepakati dalam musdes dan itu tidak membatasi.

” Namun yang sering menjadi kendala dimana tidak semua usulan dapat diakomodir karena keterbatasan anggan yang ada,” ucap Artly Kountur.

Lanjut Ia katakan, karena ini forum musyawarah desa dan terkait dengan rencana kerja pemerintah desa, maka silakan memberikan saran dan usulan sepanjang itu tercover dalam RPJMDes.

“Jika usulan yang dimasukan tidak dapat tercover dalam RPJMDes otomatis itu tidak bisa, nanti ditahun berikutnya baru nisa dimasukkan” ujarnya.

Dijelas Kountut, hakekat dari sebuah musyawarah yaitu, bagaimana mendapatkan kesepakatan dalam pertemuan yang berlangsung.

“Karena itu ketika muncul satu persoalan maka itu dibicarakan bersama masyarakat, apa yang menjadi masalah dan kendala dari usulan tersebut. Selama itu bisa dicover oleh Dana desa silakan diusulkan, sambil melihat kemampuan dari dana deaa yang ada,” kata Artly Kountur.

Sementara itu, Camat Belang yang di wakili Kasie Pemerintahan Faransiska Tampumuri menyampaikan, Pada prinsipnya, musyawarah desa itu sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah desa Buku bisa teratur.

“Apapun yang sudah digali oleh BPD mulai dari jaga-jaga itu yang nantinya akan dibawah kemusyawarah desa pada hari ini,”tuturnya,

Fransiska Tampumuri berharap, kiranya apa yang menjadi prioritas yang akan dibawah ditahun 2024 akan berdampak baik bagi pembangunan dibuku utara dan lebih luar dikecamatan Belang dan kabupaten Mitra. (Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *