Jadi Narasumber Bersama Yasona di WSCF, Jerry Dorong Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan

IBU KOTA945 Dilihat

Jakarta, emmctv.com- Seminar bertajuk “On Human Rights & Fundamentalism” yang diselenggarakan World Student Christian Federation (WSCF) di Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Senin (17/7/2023) menghadirkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga sebagai narasumber.

Di forum yang dihadiri utusan mahasiswa kristen dari berbagai belahan dunia itu, Jerry bicara soal bonus demografi Indonesia. Menurut Jerry, bonus demografi membawa dampak signifikan terhadap pemajuan Negara.

Kata Jerry, bonus demografi perlu dikelola sebaik mungkin. “Termasuk di antaranya bagaimana memberi ruang bagi pemuda untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar politisi Partai Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Pemerintah, lanjut pria yang sempat mengajar di sejumlah universitas ternama itu terus membuka berbagai ruang lintas sektor untuk mendengar, mendukung, dan memfasilitasi anak muda berkontribusi. “Partisipasi mahasiswa dan pemuda dapat diwujudkan melalui berbagai bidang, termasuk ekonomi. Partisipasi tersebut juga bisa menjadi sarana keterwakilan atau representasi di sistem demokrasi,” ucap Jerry dalam seminar berbahasa Inggris itu.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.(foto:ist)

Mantan personil Komisi 1 DPR RI itu mendorong mahasiswa dan seluruh peserta forum untuk terus berkreasi dan berkarya. Ia juga berharap mahasiswa dan semua peserta forum menjadi agen perubahan untuk kemajuan, menjaga toleransi dan menghadirkan solusi di tengah masyarakat.

“Ayo kita wujudkan komunitas yang damai, maju dan sejahtera. Mari isi waktu untuk kegiatan positif,” imbuhnya.

Sementara Yasonna di ajang ini meminta komunitas internasional memberikan perhatian khusus kepada pemikiran fundamentalis dan ekstremisme. “Dua hal ini memberikan ancaman nyata terhadap hak asasi manusia,” ucap Yasona.

Selain Yasonna dan Jerry, pembicara lain yang dihadirkan adalah Dekan Fisipol UKI Angel Damayanti,dan Marcello Leitez general secretary WSCF. (*/nji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *