Bupati James Sumendap Irup Hari Lahir Pancasila ke- 78

MINSEL-MITRA724 Dilihat

MITRA, EMMC TV – Peringati Hari Lahir Pancasila yang ke- 78, Bupati James Sumendap ajak seluruh elemen masyarakat yang ada untuk memaknai Pancasila sebagai Falsafa sekaligus pegangan hidup sehari-hari.

Hal ini disampaikan Bupati James Sumendap ketika memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, yang digelar di lapangan Ompi, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Kamis, (1/6/2023).

Dalam sambutan Presiden RI Jokowidodo yang dibacakan Bupati James Sumendap disampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan sumber segala sumber Hukum Negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sejalan dengan cita-cita pendirian negara, dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Bupati James Sumendap.

Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna
sebagai dasar dan tujuan negara.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan, jadikan Pancasila sebagai Filsafa sekaligus pegangan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati katakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. P
nilai-nilai luhur Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik kedepan.

“Nilai-nilai luhur Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk kesederhanaan, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Dirinya mengajak seluruh komponen yang ada untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan kesehari hari.

“Kiranya lewat peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini, dapat lebih meningkatkan kinerja, cibtakan prestasi dengan membuat terobosan trobosan baru, serta selalu menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan,” tukas Bupati James Sumendap. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *