Dihadiri Kadis PMD, Inpektorat Daerah Kabupaten Mitra Serahkan LHP

MINSEL-MITRA757 Dilihat

MITRA, EMMC TV – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Helga Mosey, bersama Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada sejumlah Kepala Desa.

Adapun hadir pada penyerahan LHP yang digelar di Kantor Inspektorat Daerah yaitu, Camat Ratatotok, Tombatu Utara, Touluaan beserta para Kepala Desa, Rabu (31/5/2023).

Kadis PMD Helga Mosey dikesempatan itu mengatakan, Dana Desa sangatlah penting sehingga Pemerintah Pusat mengucurkan dalam jumlah yang besar, akan tetapi untuk mengelola dana desa tersebut haruslah berhati-hati.

“Kami berharap dana desa yang telah dikucurkan bisa dikelola dengan baik, karena jika dikelola dengan banar dan tepat sasaran maka bapak/ibu bisa tenang,” ucap Mosey.

Menurutnya, Pemeriksaan dana desa yang telah digunakan merupakan hal yang wajar, dan itu perlu sebagai salah satu evaluasi kinerja yang dilakukan. oleh karenanya kepada kepala desa segera masukan apa yang diminta oleh Inspektorat.

“Jangan takut untuk menyerahkan semua (dokumen-dokumen) yang diminta saat dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat, jika ingin tidur nyenyak maka pergunakan dana desa sesuai dengan ketentuan, sayangi keluarga dan jangan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan,”ujar Helga Mosey.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Mitra Dra Marie Makalow melalui Inspektur Pembantu Wilayah 1, Dr Ridwan S.Pd MAP mengatakan, fungsi lain dari Inspektorat selain melakukan pengawasan juga memberikan pembinaan, agar tidak ada Kades yang menyalai aturan.

“Ini merupakan langka sebagai wujud dari perhatian pemerintah dalam melakukan pengawasan pengelolaan anggaran khususnya di tingkat desa, karena tata kelola keuangan desa menjadi perhatian dari APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah ) untuk dievaluasi dan dilihat sejauh mana pertanggung jawabannya,” kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan, untuk meminimalisir terjadinya potensi korupsi dana desa, pihak Inspektorat dengan bekerjasama dengan pihak PMD, terus melakukan monitoring terkait laporan hingga dilapangan.

“Alhamdulilah, kerjasama dengan PMD bisa berjalan dengan baik, dan dibawah kepemimpinan Bapak Bupati James Sumendap SH MH, pada akhirnya Kabupaten Mitra bisa meraih WTP 8 kali berturut – turut,” tukas IRBAN, DR Ridwan.

(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *