Bupati James Sumendap Jalin Kerjasama Dengan FISIP Unsrat

MINSEL-MITRA757 Dilihat

MITRA, EMMC TV – Bupati James Sumendap, SH MH, jalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), bertempat di Kantor Bupati, rabu 31 Mei 2023.

Bupati James Sumendap dikesempatan itu mengatakan, ini suatu kehormatan dari perguruan tinggi. Lebih khusus lagi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat, dimana pengakuan dari Fakultas kalau pihak Fakultas ataupun Universitas belum membuat perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi.

Menurut Bupati, ini merupakan beban bagi kami Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Karena, bentuk kerjasama ini bukan saja sekedar dalam tulisan.

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Mitra akan berusaha untuk yang terbaik lewat kerjasama ini,” ujar Sumendap.

Dikatan Bupati, slogan saat ini Pemerintah Kabupaten Mitra yakni, We Are Indeed Different atau kami memang beda dengan Kabupaten dan Kota lain.

“Berdasarkan data base MCP di Kabupaten Minahasa Tenggara ternyata, tahun 2019 masalah pencegahan dan juga pengawasan korupsi KPK di Minahasa Tenggara terbaik, termasuk lembaga KPK juga mengakui,” kata James Sumendap.

Lebih lanjut Bupati katakan, kalau rangking Nasional Kabupaten Minahasa Tenggara pernah meraih rengking empat di tahun 2021.

“Jadi dari 532 Kabupaten dan Kota, serta 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Kabupaten Minahasa Tenggara ada diurutan ke empat berkaitan dengan pencegahan korupsi,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Dr. Drs Novie R Pioh M.Si kepada sejumlah awak media mengatakan, sebagai pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat.

“Kita harus memahami, bagaimana dalam mengembangkan institusi. “Saya sebagai Dekan Fisip Unsrat, sudah melakukan pertimbangan yang matang di berbagai Daerah di Provinsi Sulawesi Utara. Termasuk didalamnya Kabupaten Minahasa Tenggara,” ujar Pioh.

Pioh memgatakan, adapun yang hendak kami lakukan bersama Pemerintah Kabupaten Mitra. diantarnya, melakukan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk di dalamnya pendidikan dan pelajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian.

“Ketika kita melihat Kabupaten Mitra ini sangat berpotensi dalam pengembangan di bidang Budaya, Sosial. bahkan kita melihat dari perkembangan di bidang kemasyarakatan, hal ini berorentasi di bidang pemerintahan. Kepemimpinan dari bapak Bupati James Sumendap, SH, MH,” ucap Pioh.

Dijelaskan Pioh, dalam struktur Pemerintahan. para personil- personil yang ditempatkan itu mampu bekerjasama dengan baik.

“Sehingga menurut kami, di Kabupaten Minahasa Tenggara dengan kemajuan- kemajuan sangat pesat sekali. Itu menjadi penilaian kami,” ucap Pioh.

Karena itu Dekan Fisip Unsrat sampaikan, tujuan kami untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mitra, untuk Mengkaji bidang sosial, Ekonomi, Budaya bahkan Politik.

“Ini sangat berorentasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dikarenakan kenapa? Karena potensi-potensi yang ada di Fisip Unsrat. Ini tidak terorentasi secara tepat ketika tidak diaplikasikan di lapangan,” ungkapnya.

Dekan Fisip Unsrat juga memastikan, apa yang dikerjakan ini semua demi kepentingan seluruh warga masyarakat.

“Saya rasa, para dosen-dosen yang ada di Fisip Unsrat sangat memahami apa yang mereka akan kerjakan di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutup Pioh.

Adapun turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Legi, Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM, para Asisten, Kepala SKPD, serta para Pimpinan dan dosen-dosen Fisip Unsrat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *