Kementerian ESDM dan Pemprov Malut Gelar Kajian Keabsahan JRP IUP PMDN Komiditi Mineral

Sofifi, emmctv.com– Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar kajian dan evaluasi bersama dengan pihak Kementerian ESDM Republik Indonesi di Hotel Sahid Bella Ternate, Rabu (5/4/2023). Kajian tersebut terkait keabsahan data dokumen bukti asli penempatan Jaminan Reklamasi dan Jaminan Pasca Tambang IUP PMDN Komoditi Mineral Logam Provinsi Malut.

Direktur Teknik Lingkungan dan Batubara Kementerian ESDM RI Sunindyo Suryo Herdadi membuka kegiatan tersebut melalui virtual zoom meeting. Sementara Kepala Dinas ESDM Provinsi Malut Suriyanto Andili dalam pemaparannya mengingatkan telah diundangkannya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 4 tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Semua perizinan mineral logam dikembalikan ke pusat, sehingga dokumen jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang harus diserahkan ke pusat sesuai kewenangan. Saya berharap, perusahan yang bergerak di bidang mineral logam, harus mengikuti dan mematuhi semua ketentuan dan regulasi yang ada serta perusahaan dengan komoditi batuan,” kata Suriyanto Andili.

Kegiatan ini juga, sekaligus dilakukan penyerahan Dokumen Bukti Asli Penempatan Jaminan Reklamasi dan Jaminan Pasca Tambang IUP PMDN Komoditi Mineral Logam Provinsi Maluku Utara ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Proses penyerahan dokumen dilakukan oleh Kepala Dinas ESDM provinsi Maluku Utara Suriyanto Andili kepada Direktur Teknik Lingkungan dan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM yang diwakili Koordoantor Pengawasan Perlindungan Mineral dan Batubara, Tyas Nurcahyani ST, M.Sc.

“Kegiatan ini juga sekaligus menjadi informasi bagi perusahaan yang melakukan kegiatan pertambangan mineral logam dan batubara yang ada di Provinsi Malut untuk memenuhi dan mematuhi semua ketentuan sebagaimana tertera dalam undang-undang,” ujar Suriyanto. (*/ges)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *