Pantau Pertumbuhan Bayi dan Balita, Pemdes Watuliney Indah Gelar Posyandu

MINSEL-MITRA201 Dilihat

Mitra, emmctv.com – Pemdes Watuliney Indah terus pantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak lewat lewat pelayanan posyandu, dengan memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberikan makanan tambahan dan penyuluhan tentang kesehatan, Kamis (2/2/2024).

Hukum Tua Watuliney Indah, Ance Kumaat menyampaikan, kader posyandu dengan bekerja sama dengan Puskesmas, terus melakukan kegiatan rutin tiap bulan untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.

“Lewat kegiatan Posyandu dan dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik juga,”ucap Kumaat.

Lanjut Ia katakan, karena program Stunting merupakan program nasional, dan itu sudah menjadi program prioritas maka pemdes Watuliney Indah terus memberikan pelayanan bagi balita lewat imunisasi dan makanan sehat.

“Kami terus menjaga perkembangan anak dan balita lewat posyandu serta terus memberikan pelayanan peningkatan gizi, agar anak-anak yang dalam pertumbuhan terhindar dari stunting, dengan penyaluran makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas ,”ujarnya.

Peningkatan Gizi Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. Juga dari desa dianggarkan untuk diberikan makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas Ayah II pada setiap bulannya.

Kumaat pun berharap, agar para orang tua lebih pekah lagi terhadap anak mereka, dengan rajin membawa anak-anak jika ada kegiatan posyandu.

“Bagi orang tua saya berharap agar rutin membawah anak pada saat kegiatan posyandu dilaksanakan, karena posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada, dengan demikian kelak mereka akan menjadi generasi penerus yang sehat dan cerdas,” tukas Ance Kumaat.

(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *